Pegawe Meja

com·posed
/kompozd/
adjective
1.having one’s feelings and expression under control; calm.
synonyms:calm, collected, cool, cool as a cucumber, ‘cool, calm, and collected’, self-controlled, self-possessed;

composed t-shirtHari ini hari keempat saya jadi pegawe baru. Iya, saya ngantor lagi. 8-4 dan 5 hari seminggu. Berangkat sesaat setelah subuh dan sampai rumah pas perang Diponegoro: 18:30.
Kenapa saya mau ngantor lagi? Selain tentu saja untuk mencari sesuap nasi dan sebakul berlian, saya sedang dalam fase bereksperimen dengan hidup karir. Dan kantor saya kali ini berbeda dengan 3 kantor saya sebelumnya. Di tempat yang sekarang saya benar-benar jadi pegawe meja. Semua yang saya harus kerjakan dan saya perlukan ada di meja dan komputer berlayar guede di atas meja saya. Kalau saya gak perlu minum atau pipis, saya gak akan perlu untuk berdiri dari kursi. Nyaman kan?

Sebelum masuk kantor, saya cuma bisa menebak-nebak atmosfer kantor baru ini. Maksud saya, kantor ini adalah kantor formal penuh expatriat idealis. Idealismenya membangun Indonesia yang lebih baik 🙂 Heboh? Rame? Apa bisa saya mengeluarkan jati diri asli saya yang berwujud Rahwana cekakakan ini di sana? Apakah saya harus pasang tampang lugu? Atau kalem? Atau ramai lancar? Sampai berapa lama saya sanggup menyimpan wajah asli preman saya sebelum sisi preman saya minta keluar sendiri? Belum lagi soal pakai baju apa di hari pertama. Wuih, saya harus pakai lesson plan hanya untuk menentukan jenis baju, sepatu, dan kepribadian yang bakal dipakai di hari pertama. Papap yang dijadikan partner diskusi ternyata jawabannya sama seperti Pak Tino: baguuuuuuuus semuaaaaaaaa 🙁 Lalu setelah lama merenung, saya sampai pada suatu titik saya ingin mempunyai imej baru di kantor baru di dunia yang baru ini. Saya ingin membuang semua yang lama di masa lalu saja, sepertinya. Saya pun mulai membuat rencana matang untuk rebranding diri saya sendiri. Lagipula belum lama saya juga pernah kok dibilang composed sama kolega saya. So, well, I thought I was on the right track ;p

Hari pertama saya mencoba mengingat pelajaran New Office 101 yang biasa ditulis di majalah perempuan. Saya akhirnya memutuskan untuk berkelakuan seaman mungkin. Pakai baju yang semi formal. Batik. Sepatu boots yang sopanan. Dan tersenyum pun yang sopanan. Hari pertama pun berlalu dengan lancar.

Hari kedua? Saya masih pakai gaya sopanan. Dari ujung rambut sampai ujung kaki juga sopan. Senyum ya yang sopan. Walaupun ada satu dua orang yang becanda cekakakan, saya masih bisa senyum sopan. Apalagi pas ada si mister bos. Senyum saya sopan dan selalu cantik.

Hari ketiga saya pikir gaya sopan saya masih bisa dilanjutkan. Semua berjalan lancar dari pagi sampai menjelang makan siang. Saya masih bisa duduk sopan di meja sambil pura-pura sibuk di komputer dengan sopan. Sampai seorang teman di balik cubicle saya berdiri dan berbicara kepada seorang teman lain di belakang.
Si A: Oi, gue punya film baru nih. Belum masuk di sini. *sambil mengangkat usb*
Saya, masih diam dengan sopan.
Si B: Film apa?
Si A: 47 Ronin.
Saya, pura-pura sibuk ngetik.
Si B: Siapa yang main?
Si A: Kebanyakan nanya lu. Mau gak? Kalau gak mau, gue kasih yang lain.
Si B: Siapa yang maiiiiiiiiiiiin?
Si A: Keanu Reeves jadi jagowa……….
Saya: Gue mauuuuuuuuuuuuuuuuuuuu!

Sekian saja rebranding saya.

Ilustrasi diambil dari sini.

2 thoughts on “Pegawe Meja

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Count to Comment * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.