Miso Shiru alias Miso Soup

Mengingat tautan ke blog masak-memasak saya di friendster selalu disalah arahkan oleh friendster, saya post ulang disini ah.

Ini dia satu-satunya masakan bikinan saya yang dengan pede saya proklamirkan UENAKK TENAN! Bikinnya gampang pula!

Ingredients dulu:

Img_18241. Miso, kira-kira 4 sendok makan (Bentuknya pasta rasanya asin-asin enak. Ada beragam jenis miso. Biar aman, pakai yang warnanya coklat kekuningan karena rasanya moderate. Kalau warnanya gelap, rasanya lebih asam. Kalau warnanya terang, rasanya agak tawar).

Img_1821

2. Dashi, satu sachet (Sejenis kaldu berasal dari ikan. Ada yang bubuk ada yang pasta).

3. Air, setengah liter.

4. Garam, sedikit saja.

5. Ikan kering yang kecil (segede jempol saya) 5 biji.

6. Aslinya pake Mirin alias sake untuk masak. Tapi saya gak pake. Rasanya teteup uenak kok.

Isi Sup:

1. Umumnya, wakame atau rumput laut. Ada yang kering, ada yang basah. Cara pemakaian sama saja. Kalau yang basah biasanya harus dipotong-potong dulu. Kalau gak, kepanjangan ajah, gitu loooh.

Img_18282. Tofu. Ini juga bisa pakai yang basah atau yang fried. Potong kecil biar gak keselek.

3. Pake kerang juga boleh. Kerang plus cangkang, atau daging kerangnya aja, sama-sama enak. Beda di penglihatan doang.

4. Pakai sayur mayur juga bisa. Misal: bawang bombay, ninjin eh wortel, tomat, dsb.

Cara Masak:

1. Ambil panci ukuran sedang. Kalo wajan, gak cocok aja.

2. Rebus air beserta 5 ekor ikan segede jempol tadi. Ikannya dimasukkan ke air ya! Habis itu, masukkan garam. Seiprit ajah!

3. Setelah mendidih dan berbuih, masukkan dashi. Aduk.

4. Angkat ikan-ikan tadi dari panci. Kalau mau dibiarin di panci juga gak pa-pa sih, tapi kalo kelamaan jadi benyek ikannya. Mending sekalian dimakan kali yee…

5. Masukkan isi miso. Isi miso favorit saya adalah wakame, fried tofu, dan kerang. Kalau pakai sayur yang agak keras macam wortel, diamkan dulu si sayur di panci sampai empuk ya. Kasihan yang makan kalau enggak.

6. Nah, kalau semua bahan isi sudah siap, kecilkan api. Medium aja. Berasap tapi jangan sampai berbuih-buih. INI PENTING! Karena…

7. Masukkan miso. Miso tidak boleh dimasukkan saat air sedang mendidih-didihnya karena rasa miso akan hilang. Ingat-ingat!!! Cara masukkin misonya begini: taro miso di gayung, eh, di sendok sayur. Trus, encerkan dengan air di panci, baru tuang ke panci.

8. Rasakan supnya. Kalau senang asin, bisa tambah misonya sesuai selera. Kalau kebanyakan ya gak masalah. Paling-paling bangkrut karena kudu sering beli miso…

#Resep ini diajarkan oleh teman saya Otsuka-san. Pasti asli deeeh rasanya!

#Pertama kali ditulis pada 5 September 2006 disini.

2 thoughts on “Miso Shiru alias Miso Soup

  1. ada lagi cara yg bikin dashi gak usah dipake (secara itu sama aja ama MSG, temen2nya m***n, s**a). bikin kaldunya pake konbu dan katsuobushi. percaya deeeeh sama aneeeeee

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Count to Comment * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.